Hukum & HAM di Tanah Soekarno

Hehehehe maaf sob, kali ini bukan posting tentang hal yang berbau komputer dulu. Melainkan kopian, surat kecil saya untuk Pak Aboe Bakar. Belai salah satu Anggota Dewan di Komisi 3 DPR RI. Mohon disimak yah🙂

 

Hukum & HAM di Tanah Bung Karno

 

Degradasi. Yah, itulah 1 kata yang singkat & jelas untuk menggambarkan realita Hukum & HAM di negeri yang kurang makmur ini. Hukum & HAM di negeri ini bagaikan golok. Bukan Silet! Tajam di kalangan bawah & tumpul untuk kaum berada. Bahkan semua itu sudah menjadi lumrah & ‘Rahasia Umum’ kita. Semua kalangan dari bawah sampai atas sudah mengetahuinya, tapi hanya segelintir orang saja yang mau mengevolusikan keadaan ini kearah yang lebih baik.

Mengapa demikian? Karena ada 2 sumber utama yang tidak terpenuhi dalam kasus ini. Dua komponen tersebut adalah rasa Sadar & Malu. Pertama, andaikan saja negeri ini sadar akan krisis Hukum di negrinya, mereka akan tahu apa yang harus mereka perbuat. Tapi disini kalangan atas pun sudah banyak yang tidak memenuhinya, imbasnya, kami dikalangan bawah banyak pula  yang menirunya. Kedua, andai pula negeri ini masih mempunyai rasa Malu yang besar, pasti semua akan berusaha mengerti & mematuhi norma & nilai serta estetika hukum negerinya. Dari mana rasa malu tersebut? Yah, Kejujuran. Karena jujur adalah sumber kebenaran. Maka, ayo bersama tanamkan rasa Sadar, Malu & Jujur kepada semua komponen negeri ini, terutama kepada kami, calon penerus & punggawa negeri ini. Mari kita rubah secara perlahan, karena perubahan sejati terjadi berkat Evolusi, bukan Revolusi.

Tak lupa, sambil kita berikhtiar, memohonlah Kepada-Nya. Barulah waktu yang akan menjawab semua. Karena jika kita mau, kita pasti Mampu. Wassalam.

Tommy Wahyu Utomo

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: