Layar Super AMOLED di iPhone terbaru?

Ada banyak rumor beredar saat ini yang dipicu oleh segera hadirnya iPhone 4G/HD, tapi walaupun begitu, masih ada saja ruang lebih untuk menambahkan lebih banyak bumbu pada makanan utamanya. Sedikit spekulasi terbaru ada pada perangkat keras untuk iPhone generasi terbaru ini, khususnya soal layar yang akan digunakan. Beberapa orang mungkin telah menunggu iPhone terbaru dengan resolusi layar yang lebih besar (940×640 piksel) dan tampilan yang lebih baik dari iPhone 3GS. Sekarang, kami mendengar bahwa Apple berniat memanaskan persaingan di dunia smartphone layar sentuh dengan menggunakan layar Super AMOLED, mengingat para pesaingnya saat ini maksimal masih menggunakan layar AMOLED standar, kecuali tentu saja pembuatnya sendiri, Samsung. Super tak tertandingi panel layar AMOLED. Layar dengan teknologi Super AMOLED dari Samsung tanpa diragukan lagi, adalah standar terbaik yang belum ada tandingannya saat ini bila kita bicara soal panel OLED yang ada dipasaran, dan akan sangat cocok tentunya untuk generasi iPhone berikutnya.

Spekulasi soal layar Super AMOLED berasal dari dua sisi yang mengemuka. Di satu sisi, tidak terlalu banyak produsen panel AMOLED di dunia yang mampu menjaga volume produksinya demi menjaga tuntutan kebutuhan yang diperlukan oleh Apple untuk produk utamanya seperti iPhone dalam skala besar. Lihat saja permintaan Apple untuk chip memori NAND Flash. Ketika Apple memesan komponen memori internal untuk perangkat mobile ini dalam jumlah sangat besar untuk pembuatan produk yang belum dirilis, mereka melahap begitu banyak pasokan NAND flash dipasaran sehingga pada akhirnya bisa mempengaruhi harga dan ketersediaannya di seluruh dunia. Untuk hal ini, Samsung adalah satu-satunya perusahaan semiconductor dan produsen panel AMOLED terbesar di dunia yang mampu memenuhi kebutuhan Apple.

Kedua, seperti yang saya kutip dari situs OLED-display yang menyebutkan kalau Apple ingin menggunakan layar yang berbasis OLED untuk produk masa depan mereka. Seperti yang kita tahu, produk berikutnya dari roadmap Apple adalah iPhone 4G/HD. Panel Super AMOLED dari Samsung menawarkan kecerahan 20% lebih baik, reflektifitas cahaya 80% lebih rendah (sehingga masih terbaca dengan jelas walaupun di bawah sinar matahari langsung tanpa terlihat buram sedikitpun), serta 20% lebih hemat baterai dibanding AMOLED biasa. Jadi bila Apple ingin membuat generasi berikutnya dari iPhone terlihat sempurna disisi hardware, maka penggunaan layar Super AMOLED saya rasa memang sudah seharusnya.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: