3 Cara Mempercepat Sinyal Modem. Pengen Tahu ? Cek disini

Jadi gini nih ceritanya, gue beli modem AHA udah seminggu tapi kecepatannya dibawah 0,18 Mbps (download) & 0,08 (buat upload). Kesal & jengkel banget rasanya, kita udah nabung lama-lama tapi ternyata modem yang kita beli malah ngebuat kita tambah frustasi.

Untungnya gue gak putus harapan, pas gue jajal modem gue di lantai 2 rumah gue kecepetannya cepat banget. Dari situ gue ambil kesimpulan bahwa daerah gue (Pluit, Jakarta) emang udah EVDO, tapi (mungkin) harus di tempat yang lebih tinggi supaya sinyal EVDO bisa tertangkap modem kita.

Dari situ gue puter otak, bagaimana caranya supaya modem gue dapat sinyal di tempat tinggi sementara gue make laptop di lantai bawah rumaha gue ? Akhirnya setelah gue pikirkan, gue nemuin 2 cara yang nantinya akan gue pake. Tapi gak mungkin dua-duanya juga gue pake, boros itu namanya heheheh.

Nah dari Googling2 gue nemui metode pertama yaitu menggunakan Antena Yagi & buat metode kedua gue boleh mikir-mikir sendiri aja yaitu menggunakan perpanjangan USB :D . Tapi gue sendiri make perpanjangan USB karena beberapa alasan.

Antena Yagi Perpanjangan USB
1.       Harga rata-rata 100-180 ribu tergantung kualitas2.       Bisa kita modif dan buat sendiri3.       Pemancar yang diletakan diluar, modem tetap didalam4.       Direkomendasikan untuk daerah yang memang belum Evdo ataupun EVDO nya kecil

5.       Antena pemancar diletakan ±10 meter (tingginya sama kok kaya antena TV)

6.       Karena modem masih diletakan didalam, modem aman2 saja. Tapi perlu dibuka casing modemnya (gak juga bisa, tapi tergantung modemnya)

1.       Harganya lebih murah dari antena yagi (5meter 25rb)2.       Tidak bisa di buat sendiri3.       Modem diluar4.       Direkomendasikan buat daerah yang sebenarnya sudah ada EVDO nya tapi kurang bisa menangkap signal

5.       Modem bisa diletakan di ketinggian 3-10 Meter (semakin panjang perpanjangan usb, semakin lama transmisinya)

6.       Karena modemnya yg diletakan diluar, jadi kita mesti perhatikan kondisi tempatnya (kalo gue sih dilangit-langit ruangan)

________________________________________________________________________

Metode Menggunakan Perpanjangan USB

Prinsip kerjanya gampang kok. Jadi kita cuman taruh modem kita ditempat yang lebih tinggi sementara laptop kita di tempat lain yang lebih rendah. Cukup gunakan kabel perpanjangan USB aja kok. Harganya (di ITC mangga dua Jakarta) 3meter 20 ribu, 5meter 25ribu & 10meter 35 ribu (yang 7meter gue lupa harganya)

Langkah-langkah :

1. Colokin aja perpanjangan USB ke laptop terus taruh deh modem di tempat yang tinggi.

Hal-hal yang harus diperhatikan :

  1. 1. Kondisi tempat kita menaruh modem (kalo gue sih di langit-langit ruangan) aman atau gak ? gampang di terjang tikus atau gak ? Kabelnya bisa dijamah sama anak kecil atau gak ? Tempatnya terbuka ata gak?
  2. 2. Paku kabel perpanjangan USB harus kuat.
  3. 3. Ikan modem ke paku menggunakan tali supaya ketika kbel gak sengaja tertarik dari bawah, modem gak jatuh.
  4. 4. Disarankan jangan menggunakan USB hub ke kabel perpanjangan USB. Ini malah bikin transfer jadilelet.
  5. 5. Panas. Ini penting banget. Karena kondisinya di langit-langit rumah kita jadi gak tahu kondisi modem kita panas apa gak. Karena menurut pengalaman gue, kalau gue udah ngerasain internet cepet, lupa deh modem gue panas apa gak. Untuk itu gue beli usb cooler fan buat modem (Rp15.000) yang gue colokin dari Dongle Listrik USB (fungsinya sebagai tenaga cooler fan yang ujungnya usb male bisa dapet listrik dari sekring listrik biasa, harganya rp10.000). Silahkan lihat gambarnya dibawah ini

http://www.chinabuye.com/media/catalog/product/cache/1/image/5e06319eda06f020e43594a9c230972d/f/i/file_2010_243.jpg http://www.tokosigma.com/files/usb%20charger%20silver%20hitam.JPG

Ok dari pada semuanya bingung, nih liat langsung gambarnya aja :)

Colokin ke laptop

sangkutin ke langit2

Nah sekarang , eng ing eng…. Apa yang terjadi ?

Sinyal modem jadi full & sering DisConnect :D

bukti :

Sebelum

sesudah pake

Bar Nambah Full gan

____________________________________________________________________________________

untuk yang masu sharing masalah sejenis di KasKus silahkan klik http://www.kaskus.us/showthread.php?p=292522684#post292522684

Cendolin ane yah gan :toast

Nah untuk Metode Antena Yagi dan pemancar sendok tunggu update-an nya yah gan d^_^b

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

